Manfaatkan Waktu Sempit di Hari Libur “Kejepit”

22 September 2017 |

Manusia itu banyak maunya, tapi seringkali tidak terlaksana karena kurang waktu, kurang dana, atau dua-duanya.

Karenanya, kita harus cerdik mencari kesempatan dalam kesempitan agar keinginan tidak terus tertunda.

 

Tidak punya waktu dan tidak punya uang, dua hal yang paling sering menjadi alibi untuk berkata “nanti-nanti aja deh!”. Namun kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya masalah yang lebih besar adalah tidak punya waktu. Terutama bagi masyarakat urban yang harus membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan teman. Ada benarnya ungkapan bijak yang berkata bahwa uang bisa dicari, tapi waktu yang hilang tidak bisa dibeli lagi. Karenanya, bukan hanya manajemen keuangan yang perlu diperhatikan, tapi juga manajemen waktu.

 

Namun sayangnya, ditengah kesibukan dan prioritas yang ada, sulit sekali mencari waktu kosong. Akhir pekan yang “hanya” 2 hari dalam seminggu pun seringkali diprotes dan dianggap kurang. Karena itu, libur long weekend dan hari libur kejepit terasa seperti suatu berkah tersendiri. Bicara tentang yang kedua, sepertinya hanya Indonesia yang mengenal istilah ini. Terkenal dengan nama Harpitnas (Hari Kejepit Nasional), istilah ini mengacu kepada hari kerja yang terletak di antara dua hari libur. Hari kerja dan hari libur yang saling jepit ini ibarat pisau bermata dua. Menyenangkan, karena ada satu hari libur untuk melarikan diri sejenak dari aktivitas pekerjaan. Namun di sisi lain, tidak sedemikian menyenangkan karena libur yang sangat singkat dan besok harinya sudah harus kembali bekerja, padahal rasanya belum puas beristirahat seharian penuh.

 

Walaupun liburnya hanya sehari, bukan berarti rentang waktu yang sempit ini tidak bisa digunakan dengan maksimal. Bosan dengan libur kejepit yang dihabiskan hanya untuk tidur atau pergi ke spa? Berikut beberapa ide menarik yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan libur-libur Harpitnas yang akan datang:

 

Bersih-bersih Rumah

Ini adalah kegiatan yang tepat bagi Anda yang butuh berolahraga tapi tidak punya waktu untuk menyambangi gym terdekat. Manfaatnya 2-in-1, di satu sisi rumah jadi lebih bersih dan lebih nyaman, di sisi lain, Anda bisa sambil bergerak dan membakar kalori. Sebagai gambaran, menyapu dan mengepel lantai rumah selama 1 jam bisa membakar hingga 500 kalori, setara dengan 1 jam di treadmill. Hasilnya, tubuh dan tempat tinggal jadi sama-sama sehat!

 

Staycation

Staycation belakangan ini menjadi alternatif yang banyak dilirik untuk menghabiskan liburan singkat. Secara sederhana istilah ini bisa diartikan “berlibur tidak jauh dari rumah”, bahkan bisa jadi di hotel di kota yang sama. Keuntungannya, Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk perjalanan jauh, selain itu tidak perlu takut tempat wisata “membludak” di hari libur. Rencanakan dari jauh hari dan temukan promo diskon hotel di banyak online merchant, lalu sediakan banyak cemilan, DVD, atau board games yang bisa dimainkan bersama-sama teman atau keluarga. Liburan tidak perlu jauh atau mewah, yang penting Anda mendapatkan quality time bersama orang-orang tercinta.

 

Reuni Bersama Teman Lama

Anda pasti punya sekelompok teman atau komunitas tertentu yang dulunya akrab namun perlahan-lahan terlupakan karena semua anggotanya sibuk. Jangan biarkan reuni hanya sebatas wacana basa-basi yang tidak kunjung terealisasi. Lihat kalender, cari tanggal libur “kejepit” terdekat, lalu segera atur jadwal dan tempat sebelum mereka terlanjur punya rencana lain. Anda tidak akan menyangka kejutan-kejutan apa yang mungkin muncul dari kabar teman-teman lama. Obrolan nostalgia ringan bersama sosok yang familiar bisa menjadi distraksi untuk “kabur” sejenak dari penatnya rutinitas.

 

TV Series Marathon

Sering mengalami momen di mana teman-teman di kantor seru membicarakan satu film atau TV series yang sedang happening, lalu Anda tidak nyambung sendiri karena tidak punya waktu untuk menonton? Bila jawabannya ya, siapkan waktu di hari libur “kejepit” untuk marathon menonton TV series yang sejak dulu menarik perhatian Anda. Selain pastinya menghibur, tidak akan ada lagi kejadian satu kantor seru mengobrol dan Anda hanya bisa bengong. Banyak pilihan TV series terkenal yang bisa dijadikan pilihan, seperti Suits bagi yang menyukai dunia hukum, 2 Broke Girls untuk yang menyukai komedi, atau yang paling fenomenal: Game of Thrones, TV series berlatar politik abad pertengahan yang memecahkan rekor sebagai series dengan rating tertinggi di situs film IMDB.

 

Mencatat Pengeluaran & Merapikan Keuangan

Tidak hanya kesehatan tubuh, jiwa, dan lingkungan rumah - kesehatan keuangan juga tidak boleh dikesampingkan. Luangkan waktu yang ada untuk mengumpulkan bon dan tagihan yang berserakan (termasuk tiket tol, karcis parkir, struk bensin, dan pengeluaran rutin lain), hitung jumlahnya, lalu catat di agenda bersama dengan daftar keinginan yang ingin diraih agar Anda punya motivasi lebih untuk mewujudkan keinginan yang selama ini tertunda karena kurang biaya. Sempatkan pula browsing di internet untuk mencari tips-tips mengelola keuangan dan alternatif tabungan dan investasi yang mudah namun bermanfaat. Salah satunya, Anda bisa melirik asuransi online yang prosesnya mudah, preminya terjangkau, namun bisa melindungi Anda dari risiko finansial di masa depan.

 

 

 Sequis Online menawarkan Anda produk asuransi jiwa dan

penyakit kritis dengan proses aplikasi mudah dan cepat.

 

Hanya 15 menit, polis asuransi Anda akan langsung jadi.

Satu langkah kilat untuk perlindungan maksimal di kemudian hari.

Tunggu apa lagi?


Bagikan artikel ini :