Ingin Menurunkan Berat Badan? Simak Tips Sarapan Ini

20 February 2018 |

Dewasa ini, semakin banyak orang mengidamkan berat tubuh ideal. Selain mudah menemukan pakaian yang cocok, memiliki berat tubuh yang ideal juga merupakan salah satu indikator baiknya kesehatan seseorang. Dari sudut pandang kesehatan, memiliki berat badan yang berlebihan memang rawan tersandung masalah kesehatan.

Untuk bisa mendapatkan postur yang ideal, kebanyakan orang harus mengurangi berat badannya. Nasihat yang paling lazim diberikan kepada mereka yang hendak mengurangi berat badan adalah berolahraga secara rutin serta mengatur pola makan. Dengan berolahraga, berbagai asupan yang masuk ke tubuh akan terbakar. Jadi, makanan yang sudah tercerna tidak menumpuk di dalam tubuh.

Namun, olahraga saja tak akan mempan memangkas bobot badan jika tidak dimbangi dengan mengatur pola makan. Salah satu cara mengatur pola makan ialah dengan merencanakan sarapan yang bisa menurunkan berat badan.

Menurut ahli gizi Leslie Langevin seperti dikutip situs nutrisi Pop Sugar, Januari 2018, sarapan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Sebab, makanan yang kita konsumsi di pagi hari akan menjadi bahan bakar untuk beraktivitas sepanjang hari. Orang yang melewatkan sarapan, metabolisme tubuhnya akan melambat karena tubuhnya akan menyimpan energi yang tersisa.

Jadi, setiap orang sebaiknya tidak melewatkan sarapan, termasuk mereka yang ingin mengurangi berat badan. Hanya saja, sejam setelah sarapan, jangan lupa untuk berolahraga. Anda juga bisa mengatur sarapan agar berat badan terjaga dengan beberapa cara berikut.

1. Pilih protein tinggi

Menu sarapan yang popular ialah makanan dengan kandungan protein yang tinggi, contohnya whole grains atau telur. Jika Anda suka mengkonsumsi roti isi alpukat, jangan lupa tambahkan protein seperti telur agar Anda kenyang.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi di pagi hari, lebih kecil kemungkinan kita tergoda untuk mengudap makanan ringan yang memiliki kandungan gula tinggi, seperti pastry atau kukis.

2. Pilih serat tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sereal ataupun buah-buahan segar, sangat cocok sebagai menu sarapan bagi yang ingin mengurangi berat. Serat membuat tubuh kita tidak mudah merasakan lapar. Makanan berbahan serat juga mudah tercerna, sehingga mencegah perut kita membuncit.

3. Kembang kol sebagai asupan karbohidrat

Memilih kembang kol sebagai karbohidrat dianjurkan karena kembang kol memiliki kalori yang rendah. Anda bisa mengolahnya dengan cara mencincang halus lalu disantap sebagai pengganti nasi atau oatmeal. Kembang kol juga mudah menyerap rasa, loh. Jadi, Anda bisa bikin kembang kol menjadi nasi goreng, pizza, sushi, dipadukan dengan bumbu kari, minyak zaitun, dan bumbu lainnya. Banyak orang mengatakan, nasi kembang kol memiliki rasa yang lezat dan teksturnya mirip quinoa.

Baca juga: Pilih Lanjut S2 atau Langsung Kerja?

4. Pilih smoothie berprotein

Jus memang mengandung vitamin dan nutrisi tinggi. Tapi jus juga mengandung kalori tinggi tanpa serat, protein, dan lemak sehat yang Anda perlukan untuk merasa kenyang. Jadi, ketimbang jus, lebih baik Anda mengkonsumsi smoothie buah atau sayuran, serta mengandung protein. Smoothie yang hanya mengandung buah atau sayuran tidak disarankan karena tetap akan menimbulkan rasa lapar.

Beberapa protein yang cocok ditambahkan dalam smoothie ialah kacang kedelai, yogurt, kacang, alpukat, atau chia seeds. Mengkonsumsi smoothie juga sama praktisnya dengan jus, tinggal minum. Jadi, amat cocok untuk sarapan.

5. Pilih oat tawar

Mengkonsumsi oat tawar lebih bagus ketimbang mengkonsumsi oat yang memiliki rasa maple brown sugar atau apple cinnamon. Oatmeal memang sehat karena mengandung banyak serat. Tapi, rasa yang berasal dari sirup maple atau apple cinnamon mengandung banyak gula yang justru bakal menumpuk lemak. Beberapa rasa tambahan ini malah mengandung gula buatan dan warna buatan. Jadi, lebih baik mengkonsumsi oat tawar dan tambahkan sendiri dengan buah, sedikit sirup maple, atau Anda juga bisa memilih madu yang lebih sehat.

6. Hindari makanan manis

Jika Anda suka mampir ke warung kopi di pagi hari, Anda mungkin tergoda dengan kudapan yang ada di warung itu seperti muffin, biskuit mentega, donat. Jika Anda menginginkan berat badan yang ideal, makanan manis seperti ini sebaiknya dihindari karena mengandung banyak mentega, tepung putih, dan gula. Jika Anda suka donat atau muffin, Anda bisa membuat versi homemade di rumah. Jadi, Anda bisa menggunakan tepung gandum, mengganti mentega dengan minyak kelapa atau alpukat, lalu memakai sepertiga dari takaran gula yang dianjurkan di resep muffin. Jika mau lebih sehat lagi, Anda bisa mengganti gula dengan puree buah atau sirup maple. Untuk menambah rasa kenyang, Anda bisa tambahkan tepung protein, almond, atau protein lainnya.

Baca juga: Kita Semua “Buta” Tanpa Kita Sadari

7. Hindari bagel

Jika Anda suka menyantap bagel, pikirkan lagi. Sebab bagel, atau roti besar khas Eropa, mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Meskipun Anda memadukannya dengan telur dan keju, tidak menjadikan bagel pilihan yang tepat. Lebih baik jika Anda memadukan telur dan keju di roti gandum atau muffin gandum yang lebih tipis. Atau, Anda juga bisa mengganti bagel dengan green smoothie alias smoothie sayuran yang ditambah protein.

8. Hindari sereal

Meskipun mengkonsumsi sereal itu cepat, praktis, dan enak, semangkuk sereal mengandung banyak kalori, gula, namun minim serat, protein, dan lemak baik. Anda bisa mengganti menu sereal dengan granola, kacang-kacangan, serta dipadu dengan buah-buahan.

Dengan pilihan-pilihan bahan makanan di atas, semoga kini Anda punya banyak inspirasi sarapan yang lezat dan sehat. Menjaga kesehatan itu penting agar terhindar dari penyakit. Namun, melindungi diri dari penyakit kritis yang bisa mengancam keuangan juga tak kalah penting. Cintai diri Anda dengan memiliki asuransi penyakit kritis yang murah, mudah, dan cepat.


Bagikan artikel ini :