Ingin Diet Efektif? Lengkapi dengan Olahraga Ini

22 June 2018 |

Lengkapi diet Anda dengan olahraga yang efektif. Mengatur pola makan melalui diet dapat membantu kita menurunkan kadar air dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita juga dapat melakukan olahraga efektif yang dapat membakar lemak di tubuh.

Itu sebabnya, para ahli kesehatan saat sekarang akan merekomendasikan pengendalian berat badan melalui diet sekaligus olahraga. Menurunkan berat badan hanya dengan diet tanpa dibarengi dengan olahraga disinyalir dapat membawa efek samping, seperti:

  • Jika seseorang mengalami penurunan berat badan akibat berkurangnya kadar air, kulitnya akan terlihat kering dan kusam. Ini akibat kulit kekurangan nutrisi yang biasanya dipasok air.
  • Penurunan kadar air di dalam tubuh juga akan menurunkan pasokan oksigen yang dibutuhkan otak. Saat otaknya kekurangan asupan oksigen, seseorang akan mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Bentuk yang lazim dari sulit konsentrasi ini ialah mudah lupa.

Hasil yang berbeda akan dipetik jika kita mengendalikan berat badan melalui olahraga. Perubahan berat badan memang tidak signifikan dalam waktu singkat. Namun, mereka yang berolahraga akan memetik hasil lebih: tak hanya berat terjaga, otot pun ikut terbentuk.

Baca juga: Ingin Ikut Lomba Lari? Jangan Lupa Persiapkan 8 Hal Ini

Durasi olahraga juga harus kita cermati. Karena olahraga yang dilakukan terlalu sebentar tidak akan membawa hasil yang maksimal. Melakukan olahraga terlalu lama juga membawa efek yang negatif. Mereka yang mengalami overtraining, alias berlatih dalam porsi yang berlebihan, rentan terhadap cedera otot dan sendi. Dampak buruk lain adalah kualitas tidur berkurang, nafsu makan turun, dan yang paling penting, bisa kehilangan motivasi untuk terus berlatih.

Lalu, seberapa lama waktu yang ideal untuk berolahraga? Russel Pate, anggota komite penasihat pedoman diet di Amerika Serikat memberikan pedoman berikut. Untuk mereka yang ingin sekadar menjaga berat tubuh, termasuk menambah berat, olahraga selama 30 menit sampai 60 menit sudah memadai. Namun mereka yang ingin menurunkan berat badan membutuhkan waktu berlatih yang lebih lama lagi, hingga 90 menit. Periode berlatih selama itu perlu dilakukan agar cukup banyak lemak yang terbakar di dalam tubuh.

Setelah memahami pedoman waktu berlatih yang ideal, kini saatnya kita melihat jenis olahraga yang pas untuk mereka yang ingin menjaga hingga menurunkan berat badan.

Lompat tali

Ini jenis olahraga yang membuat otot di seluruh tubuh bergerak. Tak heran, banyak ahli kesehatan merekomendasikan lompat tali sebagai olahraga yang paling cepat membakar lemak. Melakukan skipping dalam waktu sejam bisa membakar sekitar 850 kalori. Ampuhnya olahraga jenis ini dalam membakar lemak bisa terlihat di perbandingan berikut: lompat tali selama 10 menit setara jogging dengan kecepatan 8 menit per mil.

Kekurangan olahraga ini? Tidak semua orang sanggup melakukannya. Ya, meski terdengar sederhana, skipping kenyataannya sangat sulit dilakukan. Untuk bisa melakukan olahraga ini secara baik, kita harus membangun kebugaran tubuh terlebih dulu.

Aerobik

Ini termasuk olahraga yang populer. Banyak yang memilih aerobik karena olahraga jenis ini bisa dilakukan secara bersama-sama. Memiliki teman berlatih memang cara yang mudah untuk menjaga motivasi kita berolahraga.

Alasan lain aerobik populer tentulah karena efektivitasnya. Dengan melakukan gerakan aerobik selama satu jam. seseorang akan membakar 680 kalori. Bagi mereka yang baru memulai aerobik, berlatih selama 45 menit per hari dinilai sudah memadai untuk tujuan menurunkan atau menjaga berat badan.

Jalan kaki

Ini olahraga yang biasanya dipilih oleh mereka yang sudah lama tidak melakukan gerak badan. Jalan kaki juga populer di kalangan lanjut usia dan mereka yang memiliki kelainan jantung. Kendati terkesan tak melelahkan, jangan anggap jalan kaki tak ada manfaatnya bagi kesehatan. Namun jika Anda ingin menjaga atau menurunkan berat badan, maka jenis jalan kaki yang harus Anda lakukan tentu bukan jalan kaki yang santai, namun jalan dengan kecepatan tertentu. Atau, biasa disebut jalan cepat.

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Simak Tips Sarapan Ini

Berlari

Alasan kami merekomendasikan lari sebagai olahraga yang perlu dilakukan mereka yang ingin menurunkan berat badan tentu bukan karena sekarang sedang ngetren. Kenyataannya, lari memang jitu untuk membakar kalori. Setelah berlari selama satu jam, ada 748 kalori yang terbakar. Yang membuat olahraga ini kian populer, ia tak membutuhkan waktu dan tempat yang khusus. Lari juga bisa dilakukan sendirian. Asyik bukan?

Berenang

Berenang termasuk olahraga yang dipilih banyak orang. Bisa jadi karena olahraga ini punya tingkat risiko cedera paling rendah. Alasannya, saat berenang tidak ada satu pun bagian tubuh yang menjadi tumpuan beban badan.

Renang juga efektif untuk membakar kalori. Dalam waktu 1 jam, kita bisa membakar kalori antara 720 kalori hingga 840 kalori dengan berenang.

Nah, setelah membaca penuturan di atas, tentu Anda sudah makin yakin dan siap untuk berolahraga. Selain bisa mengendalikan berat badan, ada bonus lain yang bisa Anda petik dengan melakukan olahraga secara rutin, yaitu sehat dan selalu bugar setiap hari.

Baca juga: Bekerja Lebih Tenang dengan Asuransi: Kisah Uci dan Komunitas Sopir Bus

Namun, untuk mengantisipasi risiko yang dapat terjadi di masa mendatang, Anda tak hanya perlu menjaga tubuh agar sehat dan bugar. Anda juga perlu melindungi diri Anda dengan produk asuransi terbaik. Tak perlu susah dan ribet dalam mencari asuransi yang sesuai. Karena kini, seiring dengan perkembangan financial technology (fintech), Anda bisa belanja asuransi online yang murah, mudah, dan cepat dari smartphone atau laptop Anda. Coba saja kunjungi Sequis Online.


Bagikan artikel ini :